Sudah Pernah Dengar Kopi Kuba ? Si Hitam Yang Istimewa

P1020772.JPG

Kuba memang tak sebesar Brazil dalam mendominasi kopi di dunia namun kopi Kuba memiliki sejarah lebih panjang dibanding dengan milik Indonesia.

Sejarah kopi Kuba

Tercatat bahwa kopi masuk pertama kali ke Kuba adalah tahun 1748 melalui pulau Hispanolia. Namun setelah itu tak ada gaung yang terdengar dari kopi maupun catatan sejarahnya hingga 1791 ketika banyak imigran dari perancis yang berdatangan karena Revolusi Haiti. Kopi semakin berkembang hingga 1827 ketika jumlah kebun kopi mencapai 2000 perkebunan. Dengan jumlah besar itu membuat kopi menjadi komoditas ekspor utama negara ini.

Ketika akhirnya terjadi Revolusi Fidel Castro pada tahun 1953 hingga 1961 sebagian besar produksi kopi di Kuba terpengaruh. Seluruh perkebunan dan perusahaan kopi diambil alih oleh pemerintah dan dinasionalisasi, bukannya meningkatkan keuntungan hal ini malah membuat produksi kopi menurun drastis. Relawan yang secara sukarela bekerja di perkebunan kopi tidak memiliki pengetahuan sama sekali mengenai tanaman kopi, sedangkan pekerja terdahulu telah meninggalkan Kuba karena revolusi.

Ironisnya, ketika kopi Kuba sedang berjalan tertatih-tatih, negara-negara yang berbatasan dengan Kuba malah sedang jaya-jayanya menikmati kesuksesan dalam ekspor kopi ke dunia. Keadaan perekonomian Kuba semakin jatuh ketika Uni Sovyet mengalami kejatuhan. Pergerakan ekspor Kuba juga semakin ‘tersiksa’ dan terbatas ketika Amerika serikat menjatuhkan embargo pada Kuba.

Saat itu, hanya Jepang yang masih setia menjadi negara yang mengimpr kopi dari Kuba, bahkan hingga saat ini dan diikuti oleh negara-negara di Eropa. Kopi kembali menjadi pasar yang menjanjikan bagi Kuba. Kopi-kopi kualitas terbaik akan diekspor seperlimanya dari total produksi dan sisanya tetap berada di Indonesia.

Ketika itu Kuba tak menghasilkan banyak kopi, hanya sekitar 6000-7000 ton per tahun. Mesin-mesin juga alat dalam memproduksi kopi kebanyakan sudah usang, produsen akhirnya banyak yang bergantung pada tenaga hewan. Ditambah lagi infrastruktur negara yag belum memadai membuat kopi tidak secara maksimal diproduksi. Di sisi lain, dukungan alam berpihak pada Kuba, negara ini memiliki kondisi cuaca dan topografi yang baik untuk tumbuhnya kopi dengan kualitas yang baik.

Perang dingin di antara Amerika Serikat dan Kuba akhirnya dihentikan sejak presiden Raul Castro dan Barack Obama melakukan kesepakatan. Mulai saat itulah kopi Kuba ikut bangkit bersama sektor lainnya dengan ditandai melalui impor kopi Kuba oleh negara asal Amerika Serikat di awal 2016 silam.

Wilayah Tumbuh

Belum ditemukan wilayah khusus yang menghasilkan single origin karena kopi belum trorganisir dengan baik setelah melalui banyak peristiwa. Sehingga sulit menemukan kopi dengan ciri khusus yang biasanya ada di sebuah wilayah. Apalagi, di wilayah Karibia juga cukup banyak dataran rendah walaupun ada pula dataran tinggi yang cocok ditanami kopi.

Wilayah-wilayah yang tercatat sebagai tempat ditanaminya kopi masih sedikit. Di antaranya adalah:

Sierra Mestra

Dengan ketinggian 1000 ? 12000 mdpl, Sierra Mestra menjadi dataran tinggi yang ideal untuk tumbuhnya kopi. Masa panen di tempat ini bekisar antara Juli hingga Desember. Berbagai varietas kopi dihasilkan di tempat ini yaitu Typica, sebagian Bourbon, Caturra, Catuai, Catimor.

Sierra Del Escambray

Berbeda dengan Sierra Mestra yang berada di dataran tinggi, Sierra Del Escambray berada di dataran rendah dengan ketinggian 350 ? 900 mdpl namun tidak memiliki masa panen yang berbeda dengan Sierra Mestra, bahkan varietasnya juga sama.

Sierra Del Rosario

Walau termasuk ke dalam wilayah yang dilindungi namun Sierra Del Rosario juga menghasilkan kopi walau tak sebanyak wilayah lainnya. Tempat ini juga termasuk ke dalam dataran rendah, sekitar 300 – 550 mdpl dengan masa panen Juli hingga Desember.

Tasting Profile

Karena kopi Kuba hampir keseluruhannya tumbuh di dataran rendah juga memiliki banyak varietas maka kopi-kopi ini memiliki karakter seperti kopi-kopi di pulau tropis dengan tingkat keasaman yang rendah namun body yang penuh dan menonjol.