Mau Memulai Bisnis Kopi Bersama Sahabat ? Hal-Hal Ini Wajib Kamu Perhatikan

coffee-business-meeting.jpg

Era dewasa ini berbisnis sejak muda sudah bukan hal yang aneh lagi. Dan saat ini bisnis kopi merupakan salah satu primadona bagi para perencana bisnis karena ada tren peningkatan penikmat kopi di berbagai lapisan masyarakat. Bagi kita yang ingin memulai bisnis kopi tentu banyak hal yang perlu dipikirkan dan dipersiapkan. Salah satunya adalah menentukan apakah akan memulai bisnis sendiri atau bekerjasama dengan orang lain.

Biasanya kita akan cenderung memilih bekerja sama dengan sahabat. Pilihan ini sebagai jawaban atas keraguan dan rasa takut berlebih akan resiko kegagalan jika bisnis dilakukan sendiri. Selain itu ada ketakutan akan terjadi penipuan jika harus bekerjasama dengan orang lain yang belum terlalu dikenal.

Berbisnis dengan sahabat memang mempermudah komunikasi dan interaksi karena tidak perlu melakukan penjajakan karakter sahabat yang jelas saja sudah kita kenal lama. Dari segi komunikasi juga tidak ada lagi kekakuan bahkan ketika membicarakan hal yang sensitif seperti halnya keuangan. Berbisnis bersama sahabat juga membuat kita merasa sedang melakukan kegiatan yang menyenangkan seperti halnya bermain bersama sahabat. Tak ada beban dan rasa keterpaksaan.

Kendati ada berbagai keuntungan ketika berbisnis bersama sahabat bukan berarti kita menjadi abai dengan perencanaan yang baik agar menghasilkan output yang baik pula. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memulai bisnis bersama sahabat agar terhindar dari berbagai masalah di kemudian hari :

1. Pastikan bisnis yang akan kalian garap sejenis dan merupakan hasil keputusan bersama. Hal ini penting untuk mengurangi benturan-benturan dan perbedaan pendapat yang akan kalian jalani bersama ke depannya.

2. Pastikan tujuan kalian dalam berbisnis sejalan. Sejalan disini bukan berarti harus sama persis, tetapi setidaknya masih bisa berdampingan. Jika sama sekali tidak dapat disandingkan dan prospek ke depannya ternyata tidak sejalan maka berhentilah membuang tenaga kita dan cari jalan lain.

3. Pembagian yang jelas. Pembagian waktu dan materi yang jelas dan kalian sepakati bersama, jangan ragu melakukan hal professional bersama sahabat, karena ini akan mengurangi resiko ketidaknyamanan dan kerugian bersama di masa depan.

4. Komunikasi terbuka. Biasakan membicarakan hal apapun tentang bisnis kalian secara bersamaan sejak dari awal. Jika tidak, bisa saja hal baik yang menurut kita ternyata tidak sesuai dengan sahabat kita. Hal seperti ini juga harus disepakati sejak awal agar jalinan komunikasi di antara kalian tetap terjalin tanpa mengabaikan profesionalisme. Misalkan saja si sahabat ternyata memiliki suatu masalah atau penyakit, sehingga di saat-saat tertentu dia harus absen hadir dan kitalah yang harus siap meng-?handle segala pekerjaan dan kita harus berbesar hati, begitu pula sebaliknya.

5. Pembukuan yang jelas. Meski berbisnis dengan sahabat, kita harus membiasakan dan membicarakan soal pembukuan. Masalah keuangan adalah sensitif dan jangan sampai usaha kalian bangkrut karena manajemen keuangan yang tidak benar. Atau bahkan kalian bertengkar dikarenakan alur kas yang tidak jelas. Uang memang mudah menimbulkan konflik karena itu bicarakanlah hal ini dengan sebaik mungkin. Kalian bisa merekrut pegawai untuk mengurusi pembukuan, jika di antara kalian tidak ada yang mampu atau untuk menghindari kecurigaan dan potensi terjadinya konflik.

6. Patungan modal. Patungan modal adalah harta pertama kalian sebelum memulai bisnis bersama. Hal ini harus kalian sepakati dan tidak ada yang merasa dirugikan dan tentu saja hal ini akan berpengaruh pada pembagian hasil ke depannya.

7. Pembagian keuntungan. Meski dengan sahabat kalian harus menerapkan prinsip business is business, karena persahabatan justru akan memperburuk masalah jika tidak diatur dengan baik. Pembagian kentungan harus disepakati bersama dan jangan sampai ada yang merasa dirugikan.

8. Disiplin. Disiplin harus disepakati bersama dan ada aturan yang akan dijalankan dan dipatuhi secara bersama.

9. Hitam di atas putih. Hal ini penting karena jika suatu saat terjadi permasalahan akan lebih muda diselesaikan tanpa menambah masalah yang ada. Bahkan jika kalian bangkrut pun akan jelas pembagiannya.

Inilah sedikit pengingat bagi kamu yang akan melakukan bisnis dengan sahabat, semoga sukses selalu dan jangan ragu untuk memulai ya.