Ini Dia Beberapa Referensi Buku Tentang Kopi Yang Wajib Kamu Baca

books.jpg

Bagi kita yang sedang sangat tertarik sekali dengan kopi maka rasanya tak cukup hanya dengan menyesap berbagai kopi di coffeeshop maupun kedai kopi langganan anda. Mengenal kopi lebih dalam bisa melalui media tulisan, mengenalnya dengan sangat dekat melalui buku. Ya, buku memang jendela dunia, dari bukulah kita dapat mengetahui dunia.

Buku-buku di bawah ini membahas segala sesuatu mengenai kopi, rasanya layak untuk anda miliki untuk menambah pengetahuan anda mengenai kopi. Namun buku-buku ini adalah buku-buku yang membahas kopi secara keseluruhan atau kopi-kopi yang ada di dunia bukan membahasnya secara spesifik seperti kopi dari origin tertentu.

Ya sudahlah, coba baca ulasannya di bawah ini saja.

The Blue Bottle Craft of Coffee

Kita bisa belajar cara menyeduh kopi dengan benar dan juga disertai resep-resep makanan yang bisa dijadikan sebagai teman minum kopi. Buku yang ditulis oleh James Freeman, Caitlin Freeman, dan Tara Duggan ini dilengkapi dengan foto-foto yang dibuat dengan sangat baik.

The Blue Bottle Craft of Coffee
The Blue Bottle Craft of Coffee

Buku ini dapat anda beli dari Tokopedia

Everything But Espresso

Buku ini menjelaskan dasar-dasar teknik menyeduh kopi, dan mengapa kegagalan kadang terjadi dalam proses tersebut. Ditulis dengan bahasa yang mudah dimengerti dan ditulis dengan harapan para pembacanya semakin menghargai seni membuat kopi.

Everything But Espresso
Everything But Espresso

Buku ini dapat anda beli dari Tokopedia

God in a Cup: The Obsessive Quest for the Perfect Coffee

God in a Cup: The Obsessive Quest for the Perfect Coffee
God in a Cup: The Obsessive Quest for the Perfect Coffee

Penulis buku ini, Michaele Weissman, sengaja melakukan perjalanan hingga ke ujung dunia demi mencari kesempurnaan dalam pembuatan kopi. Buku ini ditulisnya dengan bantuan para pengusaha kopi, dan kita diajak mencari jawab apakah secangkir kopi yang harganya mahal dan dibuat oleh barista terkemuka memang lebih enak dari kopi buatan sendiri di rumah? Atau, apakah biji kopi yang harganya ratusan ribu rupiah juga memberikan keuntungan yang sepadan bagi para petaninya?

Mungkin hanya Tuhan yang tahu?

Buku ini juga bisa di beli dari Tokopedia

Buku All About Coffee

Buku ini sudah sangat sering dicetak ulang, dan pertama kali diterbitkan pada tahun 1922. Ditulis oleh William H. Ukers, buku setebal 800 halaman ini wajib dimiliki oleh semua orang yang mengaku penggiat kopi. Isinya? Sudah sangat tergambar di judulnya.

All About Coffee
All About Coffee

Buku ini bisa juga anda beli dari Tokopedia

Buku The Birth of Coffee

Linda Rice Lorenzetti dan Daniel Lorenzetti mengemas buku ini menjadi lebih menarik karena disampaikan melalui bentuk prosa dan cara penulisan yang indah. Rice dan Daniel menyajikan penjelasannya melalui visual ayng menarik mengenai para pekerja kopi yang terlibat dalam pembuatan secangkir kopi. dirilis pada 2002 dan hingga hari ini masih banyak yang memburu.

Buku The Birth of Coffee
Buku The Birth of Coffee

Buku ini dapat anda beli dari Amazon

Buku Coffee Talk: The Stimulating Story of the World’s Most Popular Brew

Ternyata kopi menjadi media di mana kepentingan sosial ada di tiap evolusi minuman ini, dan itulah yang coba disampaikan oleh Morton Satin meneliti pada dunia melalui bukunya. Tak hanya itu, ia juga membahas mengenai kedai-kedai kopi yang menjadi elemen penting dalam perkembangan kopi. ia juga menambahkan bonus beberapa fakta dan teknik dalam menyeduh kopi pada bukunya.

Buku Coffee Talk: The Stimulating Story of the World's Most Popular Brew
Buku Coffee Talk: The Stimulating Story of the World’s Most Popular Brew

Anda bisa memesan buku ini dari Amazon

Buku Coffee Life in Japan

Merry white mencoba mengalihkan perhatian erhadap budaya kopi di Jepang melalui buku ini. Ia memperkenalkan budaya ngopi di Jepang yang tak banyak diketahui oleh masyarakat dunia padahal sudah ada sejak 1888. kita tak akan menemui budaya minum kopi lain di buku ini, di sini hanya mengulas mengenai budaya ngopi di jepang.

Buku Coffee Life in Japan
Buku Coffee Life in Japan

Anda dapat membeli ebook dari buku ini dari Tokopedia

Ada juga beberapa referensi buku tentang kopi dari beberapa penerbit Indonesia, seperti:

Buku Pintar Kopi

Buku yang di tulis oleh Bapak Eddy Panggabean. Bapak Eddy Panggabean sudah di kenal di kalangan para pegiat dan pencinta kopi Indonesia, termasuk beberapa kalangan akademisi yang khusus melakukan riset tentang kopi. Buku ini sudah beberapa kali di produksi. Selalu dicetak ulang dengan konsep design yang lebih kekinian, millenial dan fresh.

Buku Pintar Kopi
Buku Pintar Kopi

Dalam buku ini, Eddy, coba mengulas sejarah tentang kopi Indonesia dari hulu hingga hilir, dari sejarah kopi, jenis tanaman kopi, cara memilih biji kopi, roasting kopi, hingga tip menemukan cita rasa kopi yang super maknyus. Anda bisa membeli buku ini dari Tokopedia atau Marketplace Online.

Buku Journey of Joe

Journey of Joe
Journey of Joe

Buku ini mewakili perjalanan kopi di dunia, bagaimana proses kopinya, hingga bagaimana kopi masuk ke wilayah nusantara Indonesia. Joe merupakan istilah yang di sematkan untuk penyebutan biji kopi. Dalam buku juga diulas 7 kopi dari berbagai daerah nusantara seperti Wamena, Gayo, Sulawesi, Bali, Flores, Jawa Timur, dan Sumatera Utara.

Buku Journey of Joe ini juga bisa di beli dari Tokopedia

Buku Coffee Roasting

Buku Coffee Roasting tulisan Eris Susandi ini berisi panduan lengkap mengenai cara mengolah biji kopi yang sudah dipilih. Buku ini khusus untuk pemula. Biji kopi yang telah dipanen dan dipililh, lalu “digoreng” dengan mesin roasting. Buku di kemas dengan diawali pengetahuan mengenai perkebunan kopi hingga langkah-langkah melakukan roasting kopi.

Coffee Roasting
Coffee Roasting

Proses roasting kopi adalah langkah selanjutnya setelah green bean (biji kopi) dipilih dan siap untuk dimasak. Dibutuhkan peralatan dan keterampilan serta pengalaman untuk menemukan cita rasa dan kualitas kopi unggulan.

Buku Coffee Roasting karangan Eris Susandi ini juga bisa di beli dari Tokopedia

Buku A to Z Memulai Usaha Kedai Kopi

Buku yang ditulis oleh Dani Hamdan dan Andika Ajie Sastra ini coba menjelaskan berbagi pengalaman dan persiapan yang wajib anda ketahui sebelum membuka usaha Kedai Kopi. Kedua penulis ini telah lama mengeluti dunia kopi, dari urusan tanaman kopi, biji kopi, barista kopi, hingga bagaimana tentang bisnis kopi.

A to Z Memulai Usaha Kedai Kopi
A to Z Memulai Usaha Kedai Kopi

Selain daripada itu mereka juga telah banyak memiliki pengalaman dalam melakukan riset terhadap komoditas kopi serta melakukan pendampingan dengan banyak petani kopi. Salah satu penulisnya, Andika punya segudang pengalaman dalam mengelola kedai kopi di Bandung.

Buku A to Z Memulai Usaha Kedai Kopi wajib anda miliki jika ingin memulai bisnis kopi, karena buku ini sangat kaya akan wawasan tentang bisnis kopi. Dalam buku ini juga terdapat rujukan tentang aneka menu kopi kekinian, dan kopi ala coffee shop.

Anda juga bisa memesan buku ini dari Tokopedia

Buku Barista #NoCingCong

Buku Barista #NoCinCong tulisan Willy Sidewalk ini khusus buat anda yang ingin menjadi seorang peracik kopi atau barista. Untuk menjadi seorang barista dengan skill yang unggul dan profesional dibutuhkan jam terbang tinggi dan pengetahuan dunia perkopian mulai dari hulu hingga ke hilir.

Buku Barista NoCingCong
Buku Barista NoCingCong

Anda ingin masuk ke dalam industri kopi ? Buku ini wajib anda miliki karena mengulas urusan kopi secara menyeluruh. Untuk menjadi seorang barista yang profesional, anda benar-benar wajib memahami perjalanan biji kopi mulai dari sebelum ditanam hingga proses pengolahan dan pemilihan biji kopi. Jadi bukan sekadar bekerja dan berada di balik mesin-mesin kopi.

Untuk membeli buku ini, bisa anda pesan dari Tokopedia

Buku Coffee: Karena selera tak dapat diperdebatkan

Buku Coffee: Karena selera tak dapat diperdebatkan karangan Doni Hamdan dan Aris Santani ini mencoba menghentikan dan mendamaikan perdebatan dalam soal selera memilih rasa kopi yang benar. Untuk urusan pilihan rasa memang sulit digeser ke wilayah rasional.

Buku Coffee: Karena selera tak dapat diperdebatkan
Buku Coffee: Karena selera tak dapat diperdebatkan

Yang ada dalam kopi adalah menemukan dan menggali perbedaan-perbedaan serta memunculkan selera suka dan tidak suka. Yang akhirnya tidak akan bisa dipaksakan. Dalam buku ini anda bisa menemukan aneka tips dan cara menyajikan kopi Nusantara dan beberapa cerita mengenai sejarah kopi.

Untuk mendapatkan buku ini, bisa anda beli dari Tokopedia