Ini Dia 7 Kejuaraan Kopi Paling Bergengsi di Dunia

10257278_10153036450952789_1238572575814644300_o-600x399.jpg

Kopi begitu digilai oleh warga dunia, tak hanya nikmat dalam setiap sesapannya, juga menarik ketika diperbincangkan namun juga bahkan sampai ada kejuaraannya. Perkembangan yang semakin pesat membuat industri kopi turut berkembang pula. Banyak negara yang tidak memiliki kultur kopi bahkan sampai bersemangat dalam menggelar berbagai event kompetisi bidang kopi bahkan hingga tingkat internasional.

Dari semua kompetisi kopi yang sering diadakan ada 7 kejuaraan yang paling bergengsi di dunia. Berikut ulasan kejuaraan-kejuaraannya di bawah ini.

1. World Latte Art Championship

World Latte Art Championship

Sebelumnya, siapa yang tidak menyukai tampilan cantik latte art di atas kopi? bentuknya yang lucu dan indah tentu menambah semangat bagi peminumnya, dan kini latte art telah dijadikan sebuah ajang kompetisi.

Di kompetisi World Latte Art Championship (WLAC) para artis di tantang skill artistiknya untuk mendesain seni latte sesuai dengan permintaan dengan begitu mirip. Penilaian di kompetisi ini meliputi atribut visual, kreativitas, keidentikan pola dari masing-masing pasang minuman yang mereka sajikan, kekontrasan seni latte dan penampilan secara keseluruhan.

2. World Brewers Cup

World Brewers Cup

Seperti namanya World Brewers Cup di sini ajang di mana para barista yang mengkhususkan diri dalam manual brew dan di sini barista dari masing-masing negara di seluruh dunia ditantang kemampuan crafting, termasuk kemampuan pemahaman mereka dengan resep yang diciptakan mereka di hadapan panel juri.

Di kompetisi ini tiap peserta diharuskan membuat 3 menu kopi berbeda langsung di hadapan para juri. Di kompetisi ini para barsta manual brew akan berkali-kali membuat minuman kopi yang berbeda-beda. baik itu menggunakan biji kopi yang disediakan oleh penyelenggara dan biji kopi pilihan mereka sendiri, biasanya biji kopi andalan mereka untuk kompetisi ini.

3. World Coffee In Good Spirits

World Coffee In Good Spirits

Kompetisi World Coffee in Good Spirits dalah event di mana para barista dari berbagai negara menyajikan racikan kopi dari campuran kopi dan alkohol, dari Irish Coffee yang tradisional hingga kombinasi lainnya bahkan sampai melibatkan cocktail di dalamnya. Kompetisi ini bertujuan untuk mempromosikan resep-resep inovatif dari kombinasi antara kopi dan spirits atau biasa dikenal sebagai liquer menjadi format kompetisi.

4. World Cup Tasters Championship

World Cup Tasters Championship

Di dalam kompetisi World Cup Tasters Championship tidak akan ada yang membuat kopi di belakang bar, di sini tempatnya para cupper kopi professional berkompetisi siapa yang paling cepat, dan memiliki ketajaman dalam membedakan perbedaan rasa-rasa dalam kopi specialty.

Kita semua tahu bahwa kopi dari seluruh dunia memiliki karakteristik yang berbeda satu sama lain. di kompetisi ini nanti para cupper kemudian berlomba untuk membedakan masing-masing kopi.

5. World Coffee Roasting Championship

World Coffee Roasting Championship

Pertama kali Kejuaraan World Coffee Roasting ini digelar di Nice, Perancis pada 2013 silam. Dengan menyusun penilaian melalui 3 stage event yaitu penilaian berdasarkan kinerja mereka dalam menilai green bean atau coffee grading dan menciptakan roasting profile yang megneluarkan semua karakter terbaik dari biji kopi yang mereka pilih sebelumnya. Namun kompetisi ini bukanlah berhenti hanya pada proses roasting, melainkan hingga biji kopi berubah menjadi secangkir kopi di atas meja.

6. World Aeropress Championship

Pada asal mulanya World Aeropress Championship hanaylah sebuah kompetisi kecil-kecilan yang diadakan di bar Tim Wendelboe di Oslo, peserta pertama mereka berjumlah 3 orang saja. namun setelah 8 tahun diselenggarakan kini sudah 35 negara menjadi partisipan dalam ajang ini yang menggelar kompetisi ini di negaranya masing-masing dan puncaknya adalah World Aeropress Chanmpionship.

World Aeropress Championship
World Aeropress Championship

Saat ini World Aeropress Championship diorganisir oleh Tim Williams Tim Varney yang merupakan salah satu pendiri kompetisi ini. Walau telah mendapatkan dukungan penuh dari Aerobie, Inc. kompetisi ini tetaplah menjadi kompetisi independen. Tujuan dari kompetisi ini sebenarnya sederhana, yaitu meracik kopi dan menghasilkan kopi senikmat mungkin dengna menggunakan Aerobie Aeropress.

7. World Barista Championship

Di antara semua kompetisi bergengsi kali ini, maka kompetisi World Barista Championship adalah kompetisi paling bergengsi. Juga bisa dikatakan sebagai kompetisi paling pamungkas dari semua kejauraan kopi di dunia. Di kompetisi ini seorang barista akan bersaing bersama 50 barista lainnya yang datang dari negara berbeda untuk memperebutkan gelar “barista terbaik di dunia”.

World Barista Championship
World Barista Championship

Kompetisi ini memiliki tujuan untuk mempromosikan keunggulan kopi, tak jarang resep-resep ajaib yang memukai dengan rasanya lahir di event ini. Tujuan lain dari kompetisi ini juga untuk menarik atensi dari masyarakat dunia karena sebelum masing-masing peserta masuk ke kompetisi mereka terlebih dahulu menjadi juara di kompetisi yang diselenggarakan di negaranya.