Ini Dia 2 Bahan Yang Dapat Anda Gunakan Sebagai Pengganti Krimer Kopi

Coffee-Creamer.jpg

Bila kita ke kedai kopi dan memesan secangkir kopi hitam maka tak jarang akan disertakan krimer sebagai campuran ketika dihidangkan di hadapan anda. Dengan tampilan fisik menyerupai susu bubuk, krimer bukanlah susu bubuk. Ia campuran yang hanya menyerupai susu bubuk sebagai pengganti susu bubuk bagi yang tidak menyukai susu.

Kopi sendiri memiliki manfaat meningkatkan konsentrasi pikiran bagi peminumnya namun sayangnya krimer malah mengurangi manfaat tersebut bila ia dicampurkan ke dalam kopi. Hal ini disebabkan oleh krimer bukanlah berasal dari lemak sehat melainkan dari lemak trans yang efeknya memberikan dampak buruk pada tubuh salah satunya adalah kepikunan dini, gangguan pada jantung, memicu diabetes dan kanker. Ini bukanlah melebih-lebihkan namun ini adalah kenyataan.

Krimer perlu diketahui terbuat bukan dari bahan alami, ia merupakan kombinasi dari gula buatan, bahan-bahan kimia, minyak juga produk susu yang tidak sehat untuk tubuh.Mudah sekali untuk menemukan lemak trans di sekitar kita seperti pada popcorn, donat, krim kue, pizza beku, dan krimer kopi. Lemak trans memang memiliki harga yang lebih murah tetapi tak ada manfaat baik yang diberikannya dan saat ini telah dilarang beredar oleh Pemerintah Amerika Serikat.

Lalu apa campuran alternatif selain krimer untuk membuat kopi terasa lebih sedap?

Santan

Tak hanya bisa dijadikan bahan memasak namun santan memang bisa dijadikan campuran alternatif untuk kopi kita. Tak seperti anggapan selama ini bahwa santan akan membuat kolesterol dalam darah meningkat, santan malah menjadi sumber makanan yang sehat. Santan kaya akan mineral dan vitamin juga memiliki kandungan trigliserida rantai menengah yang mampu mengurangi berat badan. Selain sebagai campuran alternatif pengganti krimer, santan juga dijadikan alternatif sebagai pengganti susu bagi mereka yang memiliki alergi terhadap susu.

Pastikan untuk membuat santan menggunakan air yang baik, tidak terkontaminasi dengan zat-zat berbahaya agar santan murni memiliki manfaat baik untuk tubuh.

Susu Murni

Berbeda dengan susu kental manis, susu murni asli dari sapi juga bisa dijadikan campuran alternatif untuk kopi pengganti krimer. Susu murni ini juga terdiri dari berbagai bentuk mulai dari cair seperti susu biasa juga dalam bentuk krim. Walau ia berasal dari hewani dan kaya akan lemak, susu murni tidak meningkatkan resiko penyakit jantung juga tidak meningkatkan kolesterol dalam darah. Ia baik dikonsumsi bagi tubuh dan memberikan banyak manfaat baik karena mengandung kalsium yang baik untuk tulang, pottasium, juga selenium. Namun bila kita adalah orang yang memiliki alergi terhadap susu maka jangan menggunakan susu murni sebagai campuran kopi.

Sekali lagi, krimer kopi tidak baik untuk tubuh karena menghalangi omega 3 untuk diserap oleh tubuh, sedangkan omega 3 sangat ibutuhkan oleh otak, bila ia tidak diserap oleh tubuh maka kemampuan otak dalam mengingat dan konsentrasi akan menurun. Kian menurun bila konsumsi krimer kopi dalam jangka waktu panjang.

Walaupun kita beranggapan bahwa krimer kopi itu enak dan membuat kopi menjadi sedap ketahuilah bahwa kesedapan hanya berhenti di lidah, sedangkan manfaat buruk akan tetap berlanjut di dalam tubuh kita.

Mulai dari sekarang perhatikanlah apa yang kita konsumsi bila anda menginginkan daya ingat yang kuat lebih lama, juga menginginkan umur yang panjang. Jaga pola makan untuk tetap mengkonsumsi makanan sehat dan rajin berolahraga.