Agar Mesin Kopi Anda Awet, Lakukan 4 Perawatan Sederhana Ini

Preventative Maintenance

Mesin kopi bukan lagi barang mewah, kini setiap kita dapat memiliki mesin kopi yang menarik dengan harga terjangkau. Mesin kopi juga membantu kita menjalankan bisnis atau sekedar hobi dan menjaga tali silaturahmi dengan bikin serta ngopi bareng.

Layaknya mesin, tentu mesin kopi juga butuh perawatan yang tepat agar awet muda dan bekerja secara maksimal. Agar mesin pembuat kopi dapat menjadi awet maka kita juga harus tepat dalam merawatnya. Cara merawat alat pembuat kopi tersebut yaitu sebagai berikut.

1. Menggunakan cuka dan air

Air dan cuka memang mempunya banyak kegunaan. Membersihkan mesin kopi dapat menggunakan air dan cuka, jangan hanya air saja, agar mesin tidak karatan juga. Caranya yaitu dengan melarutkan 3 cangkir cuka dan 6 gelas air ke dalam tabung gelas coffee maker .Setelah itu tuangkan larutan tersebut ke dalam teko kopi dan lakukan dengan hati-hati. Nyalakan mesin pembuat kopi dan biarkan berputar supaya membersihkan bagian dalamnya.

Sesudah cairan tersebut rata dan menjadi bersih maka matikanlah mesin dan angkatlah kertas penyaring kopi dan juga teko yang berisi dengan larutan cuka serta air. Buang larutan tersebut dan bersihkanlah sisa larutan yang tertinggal dengan lap. Cara ini akan membersihkan sisa-sisa kopi atau kerak kopi yang menempel sehingga tetap bersih.

Dengan cara tersebut maka, mesin kopi kamu tetap bersih cemerlang dan tidak berkarat bekas kopi yang dapat membuat mesin menguning bahkan menghitam bagian dalamnya.

2. Mengganti saringan kopi

Mengganti saringan kopi juga harus dilakukan secara berkala. Cara selanjutnya yaitu dengan mengganti saringan kopi lama dengan yang baru. Kertas penyaring yang terlalu lama tidak diganti akan membuat noda berkerak dan sulit untuk dibersihkan.

Jangan tunggu sampai berkerak, segera ganti saringan mesin kopi mu. Agar kerja mesin dapat maksimal dan tampilan mesin tetap seperti baru, bersih dan menarik sehingga menambah selera ngopi kita.

3. Mendinginkan mesin pembuat kopi

Mesin sama dengan mahkluk hidup, membutuhkan istirahat. Mencuci mesin memang baik untuk kebersihan, tetapi jika mesin kita baru saja digunakan jangan langsung mencucinya, karena dapat merusak mesin itu sendiri.

Setelah mesin pembuat kopi selesai digunakan, dinginkan dan biarkan terlebih dahulu selama kurang lebih 15 menit. Jangan langsung mencucinya dengan air dingin karena akan mempengaruhi keawetan mesin pembuat kopi.

4. Mencuci teko serta gelas ukur

Setelah semua peralatan sudah dingin, kita dapat mencuci teko dan gelas ukur pada mesin. Cucilah menggunakan air dingin dan sabun cuci yang khusus agar peralatan tidak menjadi rusak. Setelah selesai dicuci biarkan teko dan gelas ukur kering dengan sendirinya.

Sebaiknya perawatan tersebut dilakukan secara rutin setelah pemakaian selesai. Hal ini dilakukan agar kebersihan pada mesin pembuat kopi dapat selalu terjaga. Selain itu juga dapat menjadikan mesin awet dan tahan lama. Perawatan pada mesin pembuat kopi dengan cara yang tepat dan benar akan menjadikan mesin tetap terawat dan tetap awet.

Jangan lupa untuk selalu memperhatikan kondisi mesin kopi kita, karena mesin yang baik dan terawat akan mampu bekerja dengan maksimal dan memberikan kenikmatan pada kopi buatan kita. Jika kita inginkan mesin yang awet dan bekerja maksimal, maka jangan lupa untuk merawatnya. Selamat menikmati mesin awet dan terawat.