7 Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Kopi Panama Geisha

7 Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Kopi Panama Geisha

Kesan pertama saat kalin mendengar kata Geisha mungkin adalah wanita berkimono lengkap dengan riasan tebal di wajahnya dengan sejumput lipstik merah di bibirnya. Sama.

Namun ternyata Geisha adalah salah satu nama kopi dari Panama. Awalnya kopi ini tidak begitu dikenal oleh masyarakat dunia, namun semakin kopi berkembang nama Geisha mulai mendapat sorotan, apalagi kini sudah masuk ke dalam daftar kopi termahal di dunia.

Kemahalan dari kopi Geisha akan dimaklumi bila kita sudah membaca sampai akhir.

1. Aslinya Gesha, bukan Geisha

Banyak ahli kopi meyakini bahwa kopi Geisha berasal dari Gesha, sebuah wilayah bagian barat Ethiopia. Dari sinilah para imigran dan saudagar membawa biji kopi hingga ke Kosta Rika. Selanjutnya dari Kosta Rika kopi dibawa ke Panama melalui orang-orang bangsa Eropa yang tinggal di sana pada abad ke-19. Mungkin karena istilah Geisha dari Jepang lebih populer sehingga banyak yang salah dalam menyebutkan nama Gesha menjadi Geisha, hingga sekarang kopi ini menyandang nama

2. Perkebunan Hacienda La Esmeralda

Kopi Geisha ternyata dibudidayakan dan diproduksi secara masif di sebuah perkebunan bernama Hacienda La Esmeralda. Jadi jangan sampai salah, Hacienda La Esmeralda bukanlah nama judul telenovela terbaru ya.

Bila memiliki kesempatan ke Panama dan ingin mencicipi kopi Geisha maka uapayakan membeli langsung ke Hacienda La Esmeralda, sebab Panama Geisha adalah Hacienda La Esmeralda.

Perkebunan yang mengurusi hampir seluruh pembibitan sampai pendistribusian kopi Geisha di Panama ini sendiri dimiliki oleh keluarga Rudolp A. Peterson, mantan Presiden Bank of Amerika. Ia membeli perkebunan ini pada 1967 dengan niat ingin menghabiskan masa tuanya di sana. Hingga kini perkebunan Hacienda La Esmeralda diurus oleh anak ? anak dan cucu dari Mr. Rudolph.

3. Wilayah Tumbuh

Walau sebagian besar kopi Geisha “dikuasai” oleh keluarga Peterson, namun Geisha juga ditanam dan dikembangkan di ebberapa dataran tinggi utama Panama lainnya. Yaitu :

Boquete, dataran tinggi dengan ketinggian 400 s/d 1.900 meter di atas permukaan laut. Kopi Geisha yang ditanam di Boquete memiliki kualitas istimewa, hal ini disebabkan karena topografinya ayng berbukit-bukit hingga membentuk gunung.

Volcan-Candela, dataran tinggi dengan ketinggian 1.200 s/d 1.600 meter di atas permukaan laut. Selain memproduksi kopi Geisha, tempat ini juga memproduksi sebagian besar bahan makanan di Panama.

Renacimiento, dataran tingi yang berada di perbatasan dekat Kosta Rika dengan ketinggian dari 1.100 s/d 1.500 meter di atas permukaan laut.

4. Karakteristik Kopi Geisha

Bila menghirup aroma kopi Geisha kita akan merasakan ada wangi bunga seperti Jasmine, bila menyesapnya maka akan merasakan rasa mangga, pepaya, blueberry bahkan jeruk mandarin. Sedangkan rasa yang tertinggal seperti jeruk bergamot, dan tingkat keasaman milik kopi Geisha juga tidak kuat bahkan berkesan lembut. Inilah yang membuat kopi Geisha mendapat gelar sebagai kopi dengan karakter yang kaya.

5. Menyabet juara berkali-kali

Panama pernah mengalami kesulitan dalam penjualanan kopi, demi meningkatkan komoditas ini sebuah organisasi milik pemerintah dengan nama Specialty Coffee Association of Panama mengadakan kompetisi dengan tema The Best of Panama dengan menghadirkan biji ? biji kopi terbaik dari seluruh perkebunan di Panama. Saat itu hanya Hacienda La Esmeralda yang hadir dengan membawa Geisha.